You are currently viewing Pendapat Henry Mintzberg terkait  fungsi-fungsi manajemen

Pendapat Henry Mintzberg terkait fungsi-fungsi manajemen

pendapat Henry Mintzberg terkait fungsi-fungsi manajemen

Henry Mintzberg, seorang profesor manajemen di McGill University, mengemukakan pendapatnya tentang fungsi-fungsi manajemen dalam bukunya yang terkenal, “The Nature of Managerial Work”. Menurut Mintzberg, terdapat lima fungsi utama manajemen, yaitu:

1. Planning (Perencanaan)

Fungsi ini melibatkan penentuan tujuan organisasi dan strategi yang akan digunakan untuk mencapainya. Perencanaan adalah salah satu fungsi manajemen yang merupakan proses menentukan tujuan organisasi dan strategi yang akan digunakan untuk mencapainya. Fungsi perencanaan ini merupakan dasar bagi fungsi-fungsi manajemen lainnya, seperti organizing, leading, dan controlling.

Perencanaan merupakan suatu proses berkesinambungan yang mencerminkan dan menyesuaikan dengan perubahan suatu organisasi. Perencanaan berhubungan dengan masa yang akan datang yang merupakan suatu hal yang belum tentu dikenal serta penuh dengan ketidakpastian. Perencanaan juga merupakan proses pemilihan dan pengembangan dari tindakan yang paling baik atau menguntungkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Perencanaan merupakan suatu proses tanpa akhir.

2. Organizing (Pengorganisasian)

Fungsi ini melibatkan penyusunan struktur organisasi, pembagian kerja, dan pengaturan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi. Pengorganisasian adalah salah satu fungsi manajemen yang merupakan proses penyusunan struktur organisasi, pembagian kerja, dan pengaturan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi. Fungsi pengorganisasian ini merupakan bagian dari proses perencanaan, yaitu dengan menentukan bagaimana sumber daya yang tersedia akan digunakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Pengorganisasian merupakan suatu proses yang terus-menerus, karena situasi dan kondisi di sekolah yang selalu berubah dan perlu diadaptasi. Sebagai kepala sekolah, Anda harus mampu menyusun struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan sekolah, membagi kerja sesuai dengan kemampuan dan keahlian setiap individu, serta mengatur sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien.

3. Leading (Pemimpinan)

Fungsi ini melibatkan proses mengarahkan, memotivasi, dan mempengaruhi para anggota organisasi untuk bekerja sama dan mencapai tujuan organisasi. Pemimpinan adalah salah satu fungsi manajemen yang merupakan proses mengarahkan, memotivasi, dan mempengaruhi para anggota organisasi untuk bekerja sama dan mencapai tujuan organisasi. Fungsi pemimpinan ini merupakan bagian dari proses perencanaan dan pengorganisasian, yaitu dengan memotivasi para anggota organisasi untuk bekerja sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

Anda juga harus mampu mengembangkan kemampuan para anggota organisasi dengan memberikan pelatihan dan pendidikan yang tepat, serta memberikan dukungan yang diperlukan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Pemimpin yang efektif juga harus mampu menciptakan suasana kerja yang sehat dan positif di sekolah, serta memelihara komunikasi yang baik dengan para guru dan karyawan. Anda juga harus mampu menjadi role model bagi para guru dan siswa di sekolah, serta memberikan contoh yang baik dalam tindakan dan sikap.

4. Controlling (Pengendalian)

Fungsi ini melibatkan pengukuran kinerja terhadap standar yang telah ditetapkan, dan tindakan perbaikan apabila diperlukan. Pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang merupakan proses pengukuran kinerja terhadap standar yang telah ditetapkan, serta tindakan perbaikan apabila diperlukan. Fungsi pengendalian ini merupakan bagian dari proses perencanaan, pengorganisasian, dan pemimpinan, yaitu dengan memastikan bahwa sekolah dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan dan berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

Anda juga harus mampu mengukur kinerja sekolah secara terus-menerus, serta melakukan tindakan perbaikan apabila diperlukan untuk memastikan bahwa sekolah dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Pengendalian yang efektif juga harus memperhatikan cara-cara yang akan digunakan untuk mengukur kinerja sekolah, serta menentukan tindakan perbaikan yang akan dilakukan apabila terdapat masalah atau kendala dalam pencapaian tujuan sekolah. Sebagai kepala sekolah, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan bijaksana, serta memastikan bahwa tindakan yang dilakukan dapat membantu sekolah mencapai tujuan yang telah ditentukan.

5. Coordinating (Koordinasi)

Fungsi ini melibatkan penyelarasan aktivitas para anggota organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Koordinasi adalah salah satu fungsi manajemen yang merupakan proses penyelarasan aktivitas para anggota organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Fungsi koordinasi ini merupakan bagian dari proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengendalian, yaitu dengan memastikan bahwa setiap individu di sekolah dapat bekerja sama dengan baik dan mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Koordinasi yang efektif juga harus memperhatikan cara-cara yang akan digunakan untuk menyelaraskan aktivitas para anggota organisasi, serta menentukan langkah-langkah yang akan diambil untuk memastikan bahwa setiap individu dapat bekerja sama dengan baik dan mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sebagai kepala sekolah, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengelola waktu dan mengatur prioritas dengan baik, serta mampu membuat keputusan yang tepat dan bijaksana dalam menyelaraskan aktivitas para anggota organisasi.

Mintzberg juga menyatakan bahwa fungsi-fungsi manajemen tersebut tidak terpisahkan dan saling terkait satu sama lain. Seorang manajer harus mampu melakukan semua fungsi tersebut secara efektif agar dapat mencapai tujuan organisasi dengan baik.

This Post Has One Comment

  1. ZAP

    Zaproxy dolore alias impedit expedita quisquam.

Leave a Reply