You are currently viewing Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Tugas Sekolah

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Tugas Sekolah

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Dalam studi Hawthorne, yaitu serangkaian studi eksperimental yang mengekplorasi tentang bagaimana perubahan dalam lingkungan kerja dapat mempengaruhi produktivitas. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa perhatian manager terhadap karyawan akan mempengaruhi produktivitas dan prilaku mereka. Studi tersebut juga menyimpulkan bahwa dalam rangka memotivasi karyawan, factor-faktor kemanusiaan lebih penting daripada kondisi fisiknya.

Menurut Drs. Yun Iswanto, M.Si. dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (EKMA4214) menyebutkan definisi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah pendekatan strategis dan koheren asset paling berharga milik organisasi yaitu orang-orang yang bekerja di dalam organisasi baik secara individu maupun kolektif, dalam rangka memberikan sumbangan untuk mencapai sasaran organisasi. Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu pengembangan sumber daya manusia itu sendiri, baik melalui fungsi perencanaan, implementasi, perekrutan (seleksi), pelatihan dan pengembangan karier, serta melakukan inisiatif untuk pengembangan organisasional suatu organisasi.

Hanya 5 Menit Excel Pemula | Tutorial Mudah dan Gampang

Berdasarkan pandangan di atas, apabila mengacu pada MSDM yang bersifat tradisional dimana pengembangan MSDM tidak dilakukan pemuktahiran dengan perkembangan iptek, efektifitas dan produktifitas organisasi tidak akan tercapai. Mengutip dari Rivai (2005), kegagalan organisasi dalam mengelola SDM-nya dapat mengakibatkan organisasi gagal dalam mencapai sasaran dan tujuanya.

Menurut Loesy (2004) bidang kajian SDM telah mengakui adanya hubungan dinamis antara strategi, orang, tekhnologi, dan proses yang mendorong beroperasinya perusahaan (organisasi/instansi).

Dalam era saat ini, dimana era evolusi perkembangan SDM dituntut untuk mampu menguasai perkembangan tekhnologi. Pimpinan harus mampu untuk membuat perencanaan SDM yang berkaitan dengan kebutuhan ketenagakerjaan dengan inventori sumber pekerjaan, sehingga karyawan atau staf yang dimiliki mampu menyesuaikan dengan perubahan lingkungan, baik itu internal maupun ekternal. Hal ini akan membawa kepada modifikasi lingkungan terhadap system komunikasi, system penghargaan, dan kesejahteraan karyawan.

Menurut Drs. Yun Iswanto, M.Si. dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (EKMA4214) dalam relasi antara sub system, para karyawan dipastikan berada dalam satu koridor utama untuk saling melengkapi dan tidak saling tumpang tindih dan berselisih. Hal ini menunjukan bahwa pentingnya proses komunikasi dalam organisasi untuk menentukan arah Perkembangan MSDM sebagai system yang sehat.

Bagaimana Seharusnya Menjadi Seorang Pemimpin

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering berjumpa dengan berbagai hal yang mempengaruhi kehidupan kita terutama yang berkaitan dengan aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,

Tinggalkan Balasan