You are currently viewing Latihan Upacara Bendera di SMA N 1 Sekayam

Latihan Upacara Bendera di SMA N 1 Sekayam

Latihan upacara bendera di SMA N 1 Sekayam dilakukan oleh kelas yang bertugas yaitu kelas XI IPS3 dengan tujuan untuk meningkatkan ketaatan, disiplin, dan rasa nasionalisme.

Latihan Upacara Bendera di SMA N 1 Sekayam

Latihan upacara bendera di SMA N 1 Sekayam dilakukan oleh kelas yang bertugas yaitu kelas XI IPS3 dengan tujuan untuk meningkatkan ketaatan, disiplin, dan rasa nasionalisme serta menumbuhkan rasa cinta tanah air. Dalam latihan ini, peserta didik diajarkan cara menaikkan bendera dengan benar serta cara berbaris dan berdiri saat upacara.

Latihan upacara bendera dilakukan pada hari Kamis, 12 Januari 2023 yang dimonitoring oleh wali kelasnya secara langsung, yaitu Ibu Ester Sumarni. Bagi peserta didik yang terpilih menjadi petugas upacara maka harus belajar bertanggung jawab untuk menjalankan sesuai dengan tugas dan kewajiban yang telah ditentukan. Setiap petugas belajar dan diajarkan cara-cara dalam menjalankan tugasnya masing-masing terutama bagi yang bertugas pengibar bendera mereka berlatih cara menaikkan bendera serta cara berbaris sesuai dengan ketentuan dalam paskibra.

Selain itu, peserta didik juga diajarkan tentang arti dari setiap bagian bendera Indonesia dan makna dari setiap gerakan saat upacara bendera. Hal ini dilakukan agar peserta didik memahami pentingnya menghormati bendera dan menjaga martabat negara.

Latihan upacara bendera di SMA N 1 Sekayam juga menjadi sarana untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kekompakan antar peserta didik. Melalui latihan ini, peserta didik belajar bekerja sama dalam mencapai tujuan yang sama yaitu menjaga martabat negara.

Dalam jangka panjang, diharapkan peserta didik yang telah mengikuti latihan upacara bendera di SMA N 1 Sekayam dapat menjadi generasi penerus yang memiliki ketaatan, disiplin, dan rasa nasionalisme yang tinggi serta mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air pada generasi berikutnya.

Leave a Reply