You are currently viewing Dampak Positif dan Negatif Dari Facebook

Dampak Positif dan Negatif Dari Facebook

Dampak Positif dan negatif facebook

Saya rasa masyarakat tau di media sosial satu ini yaitu facebook,karna tidak asing lagi dari dulu hingga sekarang  facebook masih digunakan seluruh indonesia bahkan seluruh dunia.

Untuk kali ini ya mau mengulas apa saja sih dampak positif dan negatif dari adanya facebook.

Dampak Positif Facebook

  1. Bisa berkabaran dengan saudara jajuh,dan bertemu teman lama bahkan bisa jumpa sama teman baru maupun rekan kerja. Dan bisa menyapa walaupun hanya di dunia maya,tetapi bukan tidak mungkin berawal adanya facebook bisa bertemu dan mengunjungi secara langsung.Karena bisa menanyakan alamat rumah teman lama atau teman baru.
  2. Membagikan informasi yang terkini.Sering lihat status dari pengguna facebook yang sering ngeshare atau membagikan informasi di suatu daerah, Sehingga seluruh pengguna facebook tahu peristiwa yang viral yang terjadi di daerah lain. Selain dari status yang dibagikan pengguna, terkadang juga harus mengirimkan sebuah link yang tertuju ke situs website yang isinya tentang informasi tersebut.
  3. Mendapatkan ilmu dan berbagi dengan orang.Kamu juga bisa kok mengikuti komunitas atau grup yang ada di facebook, ada banyak grup difacebook yang bisa  kamu ikuti yang bisa memberikan ilmu yang baik dan manfaat yang baik. Dan bisa belajar dari grup tersebut,sehingga mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang luas dengan seringnya berdiskusi sesama group.
  4. Ngak heran kan melihat status yang berisikan informasi  tentang suatu produk serta dengan gambar yang ada di informasi lainnya. Mereka memanfaatkan facebook sebagai mempromosikan produk yang dijual, dengan cara layanan gratis hanya sacara membeli kuota saja untuk membuka facebook.
  5. Menjadi tempat curhat dan berbagi keluh kesah, Karena itu facebook memenuhi keinginan penggunanya sebab bisa memberikan kesempatan kepada pengguna agar berbagi kisah dan meluapkan perasaan kesal, senang maupun sedih. Dan dengan bebas meluapkan isi hatinya kedalam status pribadinya sendiri tanpa dibatasi karakter layaknya twitter.
  6. Sebagai ajang hiburan dan ekspetasi diri,aktivitas yang cukup padat membuat suntukdan penat. Ya kamu dapat menghibur diri di media sosial apapun apalagi difacebook. Bisa menghibur membaca status oranglain dan menonton video difacebook yang lucu-lucu dan bisa di bagikan agar oranglain juga ikut menontonnya.

Dampak negatif facebook

  1. Informasi pribadi mudah diketahui pencari tenaga kerja, Banyak loh pengguna facebook terb iasa menggungah berbagai hal di facebook. Seperti informasi pribadi maupun membagikan berita yang viral, tau gak sih informasi ini dapat digunakan oleh para pencari kerja.bahkan atasan kantor pun bisa menilai pantaskah kamu sebagai karyawan.Apalagi jika menggungah foto yang tidak pantas dilitas, Hal ini bisa membuat betapa penilaian orang negatif tentang kamu.Pastikan kamu slalu menerapkan pengaturan privasi yang ketat di akun pribadi kamu.
  2. Potensial perselingkuhan,Pasti tau kan betapa mudahnya terkoneksi dengan orang lain dan berkenalan melalui akun facebook,termasuk mantan kekasih.Hati-hati banget loh berkontak sama mantan kekasih berpotensi membuat hubungan yang dahulu yang ada kembali lagi seperti dulu.Jika tak ingin hal itu terjadi batasi berbagai hal berkaitan dengan mantan kekasih.
  3. Ketagihan bermain game online di facebook, facebook tak hanya dipakai untuk menjalin komunikasi tetapi ada juga untuk bermain game online. Bagi yang gemar bermain game online di facebook jangan sampai ketagian ya.
  4. Stres berat dan depresi,jangan terlalu menghabiskan waktu difacebook menyenangkan tak jarang unggahan orang lai justru membuat sifat cemburu dan irian dan hingga membanding-bandingkan kehidupan pribadi dengan oranglain. Pastinya hal seperti ini menyebabkan stres berat dan depresi.
  5. Mempengaruhi pertemana di dunia nyata,Seseorang keseringan  menghabiskan waktu bermain facebook. Cenderug lebih sering berinteraksi  dengan sesama pengguja facebook. Apalagi pada titik tertentu mereka berhenti berinteraksi dengan banyak orang yang di dunia nyata maupun memilih terus berhubung dengan sesama pengguna facebook.
  6. Sebagai penyebaran fitnah dan hoax,Ya seperti kita lihat sekarang penyebaran informasi di media sosial apalagi facebook sangatla cepat. Hal ini sangat mudah menggugah suatu konten kedalam status  facebook, Berbagai status yang menyinggung pihak.Komentar yang berutal dan menyerang seseorang,penyebaran berita dan berita bohong yang dibuat-buat menjadi msangatla mudah dilakukan di facebook.
  7. Peluang penyalahgunaan data pribadi, Sesuatu yang sensitif  setelah daftar dan menggunakan berbagai media sosial lainnya,itu artinya sudah bukan dinamakan data pribadi melainkan data bersama. Tentunya akan menjatuhkan dirimu sendiri,hidupmu akan terusik dan tidak akan tenang jika banak data-data pribadimu yang dimanfaatkan oranglain. Banyak kasus yang sudah terjadi atas banyaknya data pribadi yang disalah gunakan orang, seperti berupa nomor telepon.

Jadi berhati-hatilah ya dalam menggunakan media sosial,apalagi facebook.Manfaatka facebook untuk melakukan hal yang baik-baik agar semua orang senang melihat isi konten di facebookmu.

Leave a Reply